Rabu, 06 Maret 2013

CONTOH PIDATO KERUSAKAN LINGKUNGAN AKIBAT PERTAMBANGAN


Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
 

Yang terhormat Bapak Kepala SMP Negeri 1 BOYOLANGU . 
Yang saya hormati Bapak Pengurus Komite Sekolah. 
Yang saya hormati bapak ibu guru beserta staf dan karyawan SMP Negeri 1 BOYOLANGU. 
Dan  teman-teman yang saya sayangi dan saya banggakan.

Marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat ALLAH SWT yang telah melimpahkan rahmat , taufiq , hidayah serta inayahNya kepada kita semua pada pagi yang cerah ini kita bisa berkumpul di sini.


Sebelumnya saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kepala Sekolah , Bapak Pengurus Komite Sekolah , segenap guru , staf dan karyawan serta teman-teman yang bersedia hadir untuk mendengarkan pidato saya tentang “Kerusakan Lingkungan Akibat Pertambangan “.


Di zaman modern saat ini manusia dituntut untuk terus mengembangkan potensi dirinya dalam segala hal untuk memenuhi kebutuhan dirinya. Akan tetapi modernisasi yang manusia lakukan seakan-akan membuat manusia menjadi agen utama perusak lingkungan.


Dalam bidang pertambangan , manusia mengambil hasil alam dan diolah untuk menjadi bahan-bahan berguna yang sangat dibutuhkan manusia , seperti timah , emas , kapur , minyak bumi , dan lain-lain.. Sudah barang tentu pertambangan menjadi bisnis yang sangat menguntungkan bagi segenap orang.. Akan tetapi pertambangan yang manusia lakukan telah menjadi pemicu kerusakan lingkungan.. 

Sebagai contoh kerusakan yang manusia ciptakan aktifitas pertambangan timah dikawasan pantai di Pangkal Pinang yang menyebabkan 70% dari 122.000 hektar hutan bakau disana menjadi rusak dan terjadi pengurangan perkembangbiakan biodata laut seperti udang dan kepiting serta menyebabkan kemungkinan terjadinya banjir atau abrasi.
Akan tetapi manusia seolah tidak peduli dengan kerusakan lingkungan yang terjadi , mereka tetap melakukan pertambangan dengan menggunakan bahan mercury dan meninggalkan lubang-lubang besar tanpa ditutup kembali, mereka tetap menyebabkan tumbangnya pohon-pohon tanpa ditanami kembali seperti yang terjadi di Sekotong , Mataram . Akibat penambangan emas yang menyebabkan tanah menjadi rusak dan pohon-pohon rata dengan tanah.


Maka dari itu , kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan hidup sangat diperlukan . dalam hal ini pendidikan lingkungan memiliki peran penting dan strategis dalam mempersiapkan manusia untuk memecahkan masalah-masalah lingkungan . Semakin tinggi pendidikan manusia terhadap lingkungan , maka semakin tinggi pula kepedulian mereka terhadap permasalahan-permasalahan lingkungan.media massa pun memiliki peran yang sama penting dalam menyebarkan pengetahuan tentang lingkungan kepada segenap masyarakat. 


Kebijakan dan penegakan hukum perlu ditingkatkan karena pada kenyataanya walaupun terdapat AMDAL ( Analisis Mengenai Dampak Lingkungan ), kontrol terhadap pelaksanaan dilapangan sangat kurang sehingga pelanggaran kerusakan lingkungan tetap terjadi.

Selain  itu , saya ingin mengajak kalian semua untuk menjaga lingkungan kita agar tetap terjaga dan lestari karena yang terpenting adalah kesadaran yang dimulai dari yang terkecil , kesadaran yang dimulai sejak dini , dan kesadaran dari diri sendiri.sekali lagi yang terpenting adalah kesadaran dari diri sendiri.
 

Demikian yang dapat saya sampaikan , semoga bermanfaat bagi kita semua.mohon maaf jika ada kekurangan dalam kata karena kekurangan adalah milik manusia dan kesempurnaan hanyalah milik ALLAH SWT.
 

Wabillahi taufiq wal hidayah
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Nama : winda azi ningsih
Kelas : 9 c
No. : 30

Tidak ada komentar:

Posting Komentar