Rabu, 06 Maret 2013

CONTOH PIDATO MANFAAT SAMPAH

TEKS PIDATO DI BAWAH INI MERUPAKAN HASIL KARYA MURID-MURID SMPN 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG KETIKA MENGIKUTI UJIAN PRAKTEK BAHASA INDONESIA MARET 2013



LELITA PUSPITA NINGRUM / 22 / 9D
 
Manfaat Sampah
 
Assalamualaikum Wr.Wb.

.......................................
Para haidirin yang berbahagia.Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan beberapa  informasi mengenai sampah.
Perlu kita ketahui dalam kehidupan sehari-hari sering kita jumpai sampah-sampah yang berserakan dimana-mana. Contohnya saja di tempat-tempat umum, di sekitar lingkungan rumah, maupun di lingkungan sekolah. Terkadang kita tidak peduli dengan yang namanya sampah. Padahal masalah yang sepele tersebut dapat mengakibatkan masalh yang besar buat kita.

Sampah adalah barang-barang atau sisa-sisa hasil kegiatan rumah tangga. Sampah terbagi menjadi 2 macam yaitu sampah organik dan anorganik. Perlu teman-teman ketahui sampah organik adalah sampah yang dapat mengalami pembusukan dan dapat diuraikan oleh bakteri pengurai, misalnya dedaunan. Sedangkan sampah anorganik adalah sampah yang tidak dapat mengalami pembusukan dan tidak dapat diuraikan, misalnya plastik, kaca, dan kain.

Terkadang kita juga menggunakan palstik untuk membungkus makanan, dan membuanganya begitu saja tanpa memperhatikan kebersihan lingkungan. Sebenarnya, apa sih manfaat sampah ?

Hal ini menjadi perbincangan hangat, karena mustahil kalau sampah dapat dimanfaatkan menjadi barang yang berguna dan bernilai ekonomis. 

Kali ini saya akan mengulas lebih jelas manfaat dari limbah. Diantaranya plastik dapat di olah menjadi barang kerajinan, contohnya ikat pinggang, payung, dompet yang bernilai tinggi. Teman-teman juga bisa memanfaatkan dedaunan ataupun sisa makanan untuk diolah menjadi pupuk kompos, yang berguna untuk kesuburan tanaman.

Sampah-sampah sebenarnya tidak hanya menimbulakan hal buruk, tetapi juga memberikan keuntungan buat kita, jika kita dapat mengolahnya dengan baik dan benar.

Maka dari itu, marilah kita bersama-sama menanggulangi sampah, agar tercipta lingkungan yang bersih dan indah. Demikian pidato yang dapat saya sampaikan, terimakasih atas perhatiannya. Apabila ada salah kata dalam saya berucap, saya mohon maaf sebesar-besarnya. 

Wabillahi taufik walhidayah.
Wassalamualikum Wr.Wb

2 komentar: